Senin, 20 Mei 2013

Dokter kini : faktanya?

Beberapa waktu lalu, serasa nyasar. Saat menunggu usainya jam mengajar tante saya. Di kantin mini salah satu cabang perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah tempatnya. Mungkin karena bentukan kantin yang begitu kecil, plus banyak pula karyawan yang mampir sarapan, jadilah seisi kantin tahu ada sesosok asing yang sendirian di ujung bangku panjang, dan itu adalah saya.

Berawal dari 'rasa asing' satu dua orang menanyai saya. Awalnya sekadar basa-basi nanya identitas dan keperluan saya kenapa bisa disana. Berlanjut pada obrolan-obrolan panjang. Yang makin tambah seru ketika mereka tahu bahwa saya keponakan rekan mereka. Beberapa langsung nyambung, dan mereka ternyata juga tahu bahwa saya seorang dokter.

Pertanyaan standart di awal. Seperti kerja di rs mana, dan pertanyaan2 sebangsa itu yang mulanya ditanyakan. Lama kelamaan kog rasanya saya jadi ga enak ya. Salah seorang mahasiswa dengan lantang dan pedenya menyatakan statemen yang menurut perasaan saya 'sinis'.

Dibilangnya "enak ya jadi dokter, kerja di digaji besar, masih dapat tunjangan, duit dari praktekan pribadi ngalir, belum lagi dapat dari apotek, jasa meriksa pasien, sama dari obat. Bisa cepet kaya tuh". Suatu statemen tanpa tedeng aling-aling, disampaikan mantap tanpa jeda, tanpa bisa ditanggapi apalagi disanggah.. *yasudahlah terserah deh

Well.. mungkin sebagian orang juga mikir demikian ya... kalo jadi dokter itu pasti kaya, hidupnya enak, terhormat.. ah.. apa iya? Emangnya gaji dokter tu segede apa?

Coba deh.. dilihat lebih jauh.. bagaimana sih sebenarnya kehidupan para dokter.. khususnya dokter umum..
Apa iya penghasilannya beneran  gede? Keliatannya sih iya.. kerjanya mempeng gitu, berangkat pagi2, pakaian rapi, keliatan necis pula.. trus kerjanya lama lagi.. pulang nti masih nyambung jaga lain tempat..

Kenyataannya?
Ada loh..yang  jaga full 24jam dapetnya 200 ribu aja, yang kurang dari itu juga ada.  Banyak bahkan. Padahal..  gimana rasanya jaga 24 jam? Mantap! Bisa tidur sih, kalo pas longgar aja, tapi ya mesti siap dibangunin kapan aja. Kalo saya, jujur ga kuat.. pertama: ga tenang boboknya, kedua kudu siap sport jantung kapan aja, ketiga pegelnya ga ilang-ilang, keempat ninggalin rumah selama itu tuh beratnya..

Nah yang kerjanya sampe beberapa tempat? Jangan dikira bejibun duitnya.. gimana kalo ternyata fee dari satu tempat aja ga nyukup?:-P *pernah kepikiran ?

Kalo yang bulanan? Sejawat saya dokter umum, gaji pokoknya 800k aja. Dibawah UMR.. lah kan masih ada tunjangannya? Ya emang ada sih.. tunjangan bensin 150 sama uang makan 150. Total berapa? Super sekali kan?
Yang ditempat lain ada juga, ga jauh beda, per shift 80 rb flat tanpa tunjangan lain. Kalo dikalkulasi, kerja yang setara orang kantoran berarti 5 hari perminggu = 20x jaga, artinya penghasilannya = 20×80k =1.6 juta. Banyak kah?

Lanjut tentang jasa medis.. ga semua dokter dapet.. tergantung kebijakan setempat.. seperti case diatas, fee nya flat. Ga ada jasa lagi. Nah ditempat lain memang ada yang ngasih, nominalnya bervariasi.. ada loh yang cuma dapet 2k per pemeriksaan.. padahal tanggung jawabnya? jangan ditanya,,

Bukan maksud mau ngeluh loh ya.. tapi memang beginilah kenyataan. Memang, Apapun yang didapat, mesti disyukuri, alhamdulillah. Beroleh sedikit juga udah lumayan, kalo kata nenek, paling ga otak tetap terasah. Bener, kalo buat ngeluh malah bakal jadi mberat-mberatin idup.
Tapi...
Akankah begini terus?

Tapi lagi,
Plis banget donk..
Kalo berpendapat ya liat2..

Pepatah rumput kita selalu lebih kuning dari punya tetangga emang udah mengakar,,, tapi ya jangan terlalu lah ya.. :-D

Satu hal lagi..
Entah kenapa, kalo dokter tuh urusannya sama asas praduga bersalah. Belum-belum sudah dituduh mal praktek, dikit-dikit udah dikira salah ngasih obat... selalu saja dokter yang dipersalahkan...
padahal...

***
Selamat hari bakti dokter indonesia..
Mari terus berkarya.. mari terus mengabdi.. ;-)
Dan mari trus berdoa..  brighter future buat kita semua.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar