Rabu, 11 Maret 2009

binahong oh binahong


binahong (anredera cordifolia)merupakan jenis tanaman menjalar anggota famili basellaceae yang secara empiris digunakan oleh masyarakat luas untuk membantu proses penyembuhan berbagai penyakit, di antaranya untuk mengobati atau mempercepat proses pengeringan luka . Bagian yang paling banyak digunakan dalam pengobatan adalah daunnya. Meski demikian belum ada data klinis tentang khasiatnya.

penelitian Chuang et al. (2007) menemukan adanya protein pada binahong yang dapat menghambat tripsin serta menstimulasi NO. Penelitian lain yang dilakukan Rachmawati, 2008mengungkap daun binahong mengandung saponin triterpenoid, flavonoid dan minyak atsiri. Flavonoid merupakan senyawa yang memiliki berbagai bioaktivitas, termasuk analgesik dan antiinflamasi (Buhler, 2000; Kim, 2004).

Binahong secara luas telah dipercaya memiliki daya penyembuh. Eldeen, 2006dan Mabogo, 1990 menyatakan bahwa tanaman binahong merupakan salah satu tumbuhan yang digunakan oleh penduduk Vhavenda (provinsi Limpopo) untuk pengobatan penyakit menular seksual (PMS) dan AIDS.

penelitian yang telah dilakukan Tshikalange, 2006 mengenai Aktivitas antivirus dari ekstrak daun binahong diteliti mampu melawan virus herpes simplex tipe I pada konsentrasi non toksik. Selain itu, penelitian tahun 2005 membuktikan bahwa tumbuhan tesebut memiliki aktivitas antibakteri tehadap Bacillus pumilus.

hayo,, penelitian siapa lagi yang menyususl??? :)




alhamdulillah,, akhirnya selesai juga,,
setelah lama berkutat dengan data-data empiris penggunaan binahong di kalangan masyarakat luas, dan berpusing-pusing mencari data terpercaya dan ilmiah mengenai binahong, baik khasiat, maupun kandungan nya,, akhirnya dapat juga sedikit "pencerahan"

11 komentar:

  1. buat skripsi atau memang suka meneliti nih?

    BalasHapus
  2. bukan skripsi, baru sebatas usulan penelitian,, mudah-mudahan bisa diterima,, :)

    BalasHapus
  3. mbak isha, kenalin saya tyas mhsswa farmasi yg pengen penelitian ttg binahong. mbak, referensinya ttg binahong yg lengkap buku apa ya mbak? soalnya, kalo di internet masih kurang banget... makasih banget mbak....

    BalasHapus
  4. aq lg skripsi binahong..judulnya "pengaruh metode ekstraksi terhadap kadar senyawa fenolik dan flavonoid total daun binahong"..trus temenQ jg ad yg bwt salep trus bwt uji luka bakar pake kelinci..
    thanks ya.artikel ini bisa nambah2in data bwt skripsi Q.. pareeng :)

    BalasHapus
  5. iyaa..aku jg lg neliti binahong..please kasi tw buku2 atw alamat web ttg jurnal2 ttg binahong dong..aku lg neliti kandungan senyawa fenolik dan flavonoidnya..thnx lhoo..

    BalasHapus
  6. ak mau buat skripsi tntang binahong pke umbinya bt nyari efek antidiabetnya, tp ak ng tau masyrakat pake umbinya sbrapa banyak ya?, bisa tolong bantuannya,hehe
    thx be4

    BalasHapus
  7. bagi infonya donk soal binahong...
    q jga lg meneliti kandungannya...
    cma referensinya kurang...
    ada nda jurnal lengkap mengenai analisis kandungannya,,,
    cara isolasi senyawanya,,,
    efek-efek farmakologisnya dan mekanisme kerjanya...

    BalasHapus
  8. lama ga nge-blog,,

    maaf semuanya...


    kalo jurnal tentang binahong memang masih jarang,,, memang dimasyarakat banyak yang menggunakan cuma sebatas pemakaian secara empiris saja

    wah kalau begitu nti bisa tukar referensi,,,

    BalasHapus
  9. aku juga lagi cari data buat skripsi aku tentang antiinflamasi daun binahong. Tolong bantuan referensinya mbak. Tengs ya

    BalasHapus
  10. aku jg lgi cri2 referensi ttg binahong buat karya ilmiah aku mbk,,
    mohon bntuannya ya mbk,,,

    BalasHapus
  11. saya telat banget kayaknya nih. padahal di depan rumah saya banyak tanaman binahong.
    saya semester 5 FMIPA Uhamka Jakarta.
    Mau meneliti binahong yang kaya manfaat,
    denger dari orang tua binahong bisa dipakai untuk penyembuhan luka setelah operasi, TBC, diabet, kanker payudara pun ada yang sudah mencoba secara tradisional dan berhasil.
    Bantu2 saling info yah...

    BalasHapus