Jumat, 04 Oktober 2013

Kerja? Untuk Apa??

Sore itu, sembari menunggu jam pulang, dan mumpung kerjaan masing-masing kami sudah selesai, berkumpulah kami di ruang tengah kantor. Pembicaraan mengalir santai. Entah apa awalannya, tetiba sudah sampai pada pembahasan CPNS. Kegalauan hati tentang mau ikut atau tidak CPNS-an tahun ini, mendamparkan kami pada satu pertanyaan : "Kamu kerja buat apa?". Lantas salah seorang teman kami mengisahkan apa yang dialami tetangganya.


Ceritanya, beberapa hari yang lalu ada seorang bapak-bapak -tetangga dekat salah seorang teman kami-, tengah menunggui istrinya berbelanja. Enggan ikut muter-muter, bapak tadi memilih menunggu istrinya di pasar. Tak bersalang lama, muncul lelaki peminta-minta. Emang dasar si bapak orangnya supel, dan suka ngobrol, ditambah lagi pas ga ada kerjaan, daripada melongo sendirian, nunggu istri belanja, si bapak iseng-iseng nyapa pengemis tadi, niatnya sih sekedar basa-basi saja. Ngobrol-ngibril, ngalur-ngidul. Langsung sambung-menyambung aja si bapak ngobrolnya. Entah dari mana mulanya, tetiba saja lelaki pengemis yang gantian pengen angkat bicara duluan. Mungkin biar yang mendominasi pembicaraan biar gantian. Temanya kali ini ternyata tentang pekerjaan...


Lelaki peminta-minta (A) : Eh pak, sampean kan PNS to ya?

Si Bapak yang nungguin Istrinya belanja (B) : Iya. Kenapa?

A : Udah berapa lama pak ngantornya?

B : Sekitar 20 tahunan lah. Lah, kalo sampean, kerja keliling-keliling kaya gini udah berapa lama?

A :  Wah, lha ya berarti masa kerja kita sama lah pak. Saya juga ada 20 tahunan, hha. Lha kerja segitu lama sampean udah bisa dapet barang apa aja pak?

B : Lumayan lah.  Rumah ya sekarang udah ada. Udah selesai cicilannya. Kendaraan juga ada. Tuh, bebek merah didepan itu tu.. yang udah nganterin saya kemana-mana. (Si bapak bangga banget sama bebernya, yang meskipun udah beres urusan perkreditannya, tetep aja berbunyi "dit,, didit,,dit,,dit)

A : Oh,, (sambil manggut-manggut)
A: kalo saya ya pak ya,, dengan kerja kaya gini aja 6 juta juga pasti nyampe ditangan tiap bulannya... kalo diitung kasar aja ya, kayanya masih banyakan saya. Itu saya punya rumah di perumahan ujung sana. Mobil juga sekarang udah ada. Nah, sampean kerja tu niate buat apa? (sambil pasang muka serius)

B : eh??

A : Gini,, gampangannya ya,, kalo sampean kerja emang cuma buat nyari duit, duit, dan duit aja ya mendingan kerja kaya saya aja dong. Duit ngalir.. meski banyak recehan, kalo ditukerin ya lumayan. Bahkan kalo ditotal juga, hasil bulanannya gedean saya toh? Tapi kalo sampean punya niat kerja buat ibadah sih, lain kata, lain perkara itu..

B: ... ??? (melongo aja)

Iitu kutipan cerita dari teman saya. Intinya seperti itu. Kalo kalimat nya sih udah ga persis ya, tapi isinya kaya gitu lah,,,

>>>
Moral teaching-nya apa donk?
lebih baik jadi pengemis, dari pada capek-capek ngantor?

No.. No.. No..
bukan itu,,

Kayak yang dipesankan sama pak peminta-minta: Kerja itu bisa jadi ibadah,,

So, lakukan pekerjaanmu sebaik-baiknya. dengan penuh sungguh. jangan lupa niatkan mencari ridho-Nya... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar