Minggu, 06 Oktober 2013

Antara Top Chef dan Adik Koas

Menonton acara masak memasak memang seru. Kadang jadi memunculkan rasa kepengen masak, selain juga dapet ilmu-ilmu baru termasuk jadi tambah pengetahuan trik masak. Lebih seru lagi nonton acara masak-masak yang dijuriin. Semacam Mater Chef, Like a Chef, ato Top Chef.

Nah, yang terakhir disebut ini terasa sedikit berbeda. Lah pesertanya aja udah jadi juru masak beneran.. dari resto-resto ternama pula. Jelas saja pas masaknya mereka tampak lebih luwes, lebih tenang dan tampak terampil.

Pada saat penjurian pun terasa berbeda dibanding ajang lain. Kenapa? Ya tadi, karena pesertanya memang sudah lebih profesional.
Tak jarang komentar jurinya bikin nyesek, dengan kritikan tajem, pedes, dan kayaknya "nyakitin ati" banget. Tapi toh itu sebenernya buat pelecut semangat,, kalau dengan bahasa alusnya mungkin bisa dikatakan "Euy, gak salah nih hasil kerjaan loe kayak gini? Kamu itu chef profesional bro, dengan pengalaman sama pengetahuan kamu yang luas itu, kita yakin kamu mampu membuat yang sebenarnya jauh lebih baik dari ini".
Tul ga? Tapi kan rasanya kurang nampol,,

Nah, ngomong-ngomong soal pedesnya komen para juri, ingatan saya langsung terarah pada masa "per-koas-an". 

Diantara para senior, ada yang halus nya luar biasa. Ada yang mengajar dengan jalan menjelaskan satu-demi satu halnya. Ada juga yang senang memancing, memberi pengarahan sebatas clue saja agar kita mau berpikir, kemudian mengarahkan saat mencari, agar sampai pada pemahaman yang tepat. Ada juga yang tegas luar biasa. Tak ada toleransi, pun sedikit saja kesalahan yang terjadi.


Well,, segalak-galaknya, mereka sayang kok sama kita semua. Kalo ga sayang justru kita ga di katain, mau salah ya tetep aja dibiarkan,, jadi kitanya ga tau kalo salah. Kalau sebatas ditegur, ya ga nampol itu tadi. jadinya kita menganggap setiap kesalahan itu kecil saja,,,  

2 komentar:

  1. mb ariiii,,aku juga suka nonton acara masak ituuu..
    oh ya, blognya tampilannya aku suka :)
    gimana bikin tampilan yang sederhana tapi bagus ya? aku kemarin pakai template udah jadi, cuma kurang puas. bagi tips donk :)

    BalasHapus
  2. @khusnul Dwi Tyasari: hhe,, iya dek,, aku juga suka,, sayangnya jamnya nabrak maghrib,, :)

    kalo itu aku juga nyari template yang udah jadi kok dek,, tinggal pasang aja (lupa nemu dimana,,hhe). mnt bantuan om gugel aj,, nti kan byk nemu template blog. diubek2 dl smp ketemu yg plg sreg,, :)

    btw masakannya kirim sini dunk,, :)

    BalasHapus