Kamis, 23 Oktober 2014

Mahalnya Biaya Listrik

Ngobrol ngalor-ngidul seputar berbagai kejadian yang dilalui masing-masing dari kami cukup menjadi pelepas  penat setelah beraktifitas seharian. Apa saja bisa kami perbincangkan. Dari issue politik, berita regulasi, pertukangan dan bangunan, sampai kenaikan hargai cabai di pasar pun bisa jadi pembicaraan hangat. Sore kemarin sembari menikmati santap sore di temaram senja alias gegara mati lampu A.K.A listrik padam (cerita ada disini) , pak suami jadi bercerita mengenai genset berkapasitas 1 megawatt yang berada di kantornya.


Pak suami (P) : Dek, tahu nggak, buat ngidupin tu genset butuh berapa liter ?
Saya (s)           hah? Apa? Hm,, emang berapa?
P             : itu, berapa liter solar yang dibutuhkan buat nyalain genset yang di kantor? Coba tebak!
S              : berapa ya? Kayaknya banyak,, 100 liter?
P             : salah
S              : ooh,, kebanyakan ya *polos (jujur saya enggak tahu, bener-bener tebakan ngasal tadi itu)
P             : jadi, untuk mengoperasikan sebuah genset berkapasitas 1megawatt dalam kurun waktu 24 jam dibutuhkan solar sebanyak 10.000 liter dek. Luar biasa banyak kan? Perubahan energi dari solar tadi menjadi energi listrik kira-kira sebesar 30% saja dek.
S              : *manggut-mangut (serius banget sih ini suamiku ini)
S              : selebihnya jadi energi panas ya (dan jadi bunyi juga kan ya?) kalo cuma 30% efisiensinya kenapa ga ngembangin dari gas ya? Kan kita punya banyak to gas alam, apa sukur-sukur pake Biogas gitu energi yang terbarukan..
P             : sampai saat ini sih yang dinilai paling efisien tetap bahan dari fossil sih dek.. eh ngomong-ngomong,, agak melenceng ya,, jangan salah lho ya,, kita memang punya gas alam, tapi beda lho sama gas yang dipake di rumah. Yang di rumah itu LPG, negara kita import besar-besaran dek..
sumber: en.tempo.co
Sejenak pembicaraan listrik teralihkan. Terselang bermacam aktifitas.

Ternyata durasi pemadaman kali ini cukup panjang. Awalnya kami kira karena ada proyek pelebaran jalan yang melibatkan penggeseran tiang listrik dan telpon. Tapi ternyata bukan, muncul BC tentang gangguan yang menyebabkan padamnya 32 gardu induk. Tetiba obrolan sore tadi pun berlanjut
S: “Mas, inget salah satu adegan di film masha and the bear? Yang masha rebutan mulu sama anak panda, trus terakhir lari-larian yang akhirnya malah jadi nyalain listrik se kota itu lho..
P: oh,, iya,, yang di turbin itu ya
S: asyik kali ya kalo kita punya kayak gitu,, bisa sekalian olahraga..
P: capek banget lah dek,,
S: eh, mas tadi yang tentang genset. Misal ya lost energi untuk transmisi listrik (selama distribusi)  tidak kita perhitungkan, satu genset yang mas ceritain tadi bisa buat ngapain apa aja? Buat nyalain apa gitu?
P: oh, itu kan gensetnya kapasitas 1MW, ya kalo buat nyalain rumah yang pake 900watt ya bisa buat nyalain sekitar  1.111 rumah dek.
S:  banyak juga ya,, eh tadi mas bilang 24 jam butuh 10.000 liter ya? Berarti 1 rumah itu per 24 jam butuh  sekitar 9 liter solar dunk..  solar sekarang berapa? 5500 ya? Wa berarti  mahal juga ya..
P: nah itu lah,,
S: @-@
Ternyata ngomongin listrik dan seuprit tentang produksinya aja udah bikin kliyengan ya,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar