Minggu, 26 Oktober 2014

Manisan Putih Semangka

Salah satu buah kesukaan suami adalah semangka. Kesegarannya cukup untuk mengusir dahaga setelah seharian beraktifitas. Kadar air nya yang tinggi memang cocok untuk merehidrasi tubuh. Selain itu, dalam buah semangka banyak kandungan vitamin, mineral juga licopene. Disisi lain, kita acapkali memandang sebelah mata bagian kulit semangka. Padahal disana masih terdapat vitamin, serat pangan, bahkan ditemukan citrulline suatu jenis antioksidan dalam jumlah besar.

Setelah mengetahuinya rasanya sayang sekali untuk membuang begitu saja si 'putih semangka' ini. Terkadang saat "sadar" kami berusaha memakan bagian putih bersamaan dengan daging buah. Rasanya "anyep" (semacam tawar), sehingga kami merasa mustahil menyapu bersih bagian kulit tersebut.

Saya jadi berfikir, "Ini kulit semangka bisa diapain ya?"

Pernah saya mencoba membuatnya menjadi selai. Tapi saya tidak puas. Tidak ada aroma khusus membuat selai terasa hambar. Sekedar manis dari gula saja. Saya dengar di beberapa negara kulit semangka dimanfaatkan untuk membuat acar dan manisan.

Saya akhirnya menemukan tulisan mb Endang: Manisan Kulit Semangka - Daur Ulang Yuk! Semangat saya langsung menggelora *halah* untuk segera mengeksekusi resep beliau.

Berikut resepnya:

Bahan:

- 700 gram - 1 kg kulit semangka yang sudah dibersihkan
- 300 ml air untuk merebus
- 500 - 700 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- parutan kulit jeruk lemon dari 1 butir jeruk (optional)
- 2 buah jeruk lemon, ambil airnya ( optional) atau bisa diganti dengan air jeruk nipis
- 1/2 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat: *saya resume berdasar resep asli

-Bersihkan kulit semangka dari sisa.daging buah serta dari kulit luar, sehingga hanya tersisa bagian putih nya saja. Potong-potong ukuran 2x2cm. Kemudian cuci bersih.
- masukan putih semangka ke dalam panci, rebus dengan sedikit air hanya hingga putih semangka cukup empuk (mudah ditusuk dengan garpu)
-masukkan gula, garam, dan parutan kulit lemon. Aduk rata.
- masak dengan api kecil dan panci dalam keadaan tertutup hingga air mengental dan  surut (hampir habis) serta putih semangka berubah menjadi transparan menyerupai jelli.
- tambahkan air jeruk lemon dan vanili. Aduk rata. Angkat.

Nah cukup simple kan stepnya.

Bagian yang cukup berat dari pembuatan manisan ini yakni saat memisahkan putih semangka dari kulit luarnya yang keras. Cukup menguras tenaga :D

2 komentar:

  1. Ya ampuunnn, ternyata putih semangka bisa jadi makanan enak juga, padahal selama ini selalu dibuang gitu aja >,<

    http://thehappymimi.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. iya mak,, lumayan juga, kenyal-kenyal gitu mak,, kalo dipotong kecil-kecil lagi kayaknya bisa buat campuran es juga :)

    BalasHapus