Rabu, 16 Juli 2008

Masalah adalah Cerminan Kekuatan


Dalam hidup ini, tak ada seorang pun yang tidak pernah merasakan adanya permasalahan. Semuanya pasti telah pernah bermasalah. Bahkan ada yang mengungkapkan bahwa salah satu ciri hidup adalah bermasalah, atau dapat dikatakan bahwa adanya permasalahan dalam kehidupan adalah hal yang wajar dan memang sunatullah ada.

Kadar permasalahan setiap manusia pasti berbeda. Pun demikian dengan penyikapan orang tersebut terhadap permasalahan yang didapatkannya juga berbeda-beda tiap individu. Ada yang baru sedikit saja ditimpakan masalah sudah mengeluh panjang, namun ada pula yang begitu tenang meski ternyata memiliki berjuta permasalahan berat.

Ketika sampai pada titik kulminasi kadang kita merasa begitu berat, bahkan mungkin sampai merasa permasalahan yang kita hadapi sangatlah sulit… namun sebagaimana tertulis dalam surat al Baqarah “ Allah tidak membebani seorang hamba diluar batas kedanggupannya”(2:286). Artinya, ketika seseorang mendapat permasalahan, sesungguhnya Allah tau bahwa orang tersebut pasti dapat mengatasi permasalahan yang menimpanya. Dan besarnya masalah yang kita hadapi mencerminkan seberapa besar kekuatan dan kesabaran yang kita miliki.

Dengan memberikan permasalahan untuk kita hadapi dan kita selesaikan, sebenarnya Allah telah menaruh persangkaan baik pada kita bahwa kita pasti mampu melewatinya. Dan hanya orang yang kuat dan yang sabar yang mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik..

Maka berbahagialah wahai orang yang bermasalah,, sungguh itulah bukti sayangnya Allah. Dan Allah pun mungkin sedang menguji, seberapa besar kesungguhanmu menyayangi dan mencintai_Nya?

Yakinlah, bahwa tiada permasalahan yang tak ada jalan penyelesaiannya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar